music 2012

Wednesday, April 14, 2010

Manfaat Music....

Dalam kenyataanya music memang memiliki fungsi atau peran yang sangat penting sehingga tidak satupun manusia yang bisa lepas dari keberadaan musik. Fungsi musik bagi masyarakat penduduknya di antaranya sebagai berikut:
1. Musik sebagai hiburan
Musik dapat mempengaruhi hidup seseorang, hanya dengan musik, suasana ruang batin seseorang dapat di pengaruhi. Entah apakah itu suasana bahagia ataupun sedih, bergantung pada pendengar itu sendiri, yang pasti, musik dapat memberi semangat pada jiwa yang lelah, resah, lesu.
2. Musik dapat berfungsi sebagai alat terapi kesehatan
Ketika seseorang mendengarkan musik, gelombang listrik yang ada di otaknya dapat diperlambat atau di percaya dan pada saat yang sama kinerja sistem tubuh pun mengalami perubahan.Musik klasik dapat menenangkan bayi.
3. Musik dan Kecerdasan
Musik dapat membantu pasien mengingat nada atau lagu dan berkomunikasi dengan sejarah mereka. Ini karena bagian otak yang memproses musik terletak sebelah memori. Para peneliti menunjukkan bahwa orang dengan kehilangan daya ingat merespon lebih baik terhadap jenis musik pilihannya. Bermain musik dapat menigkatkan kecerdasan anak.
4. Musik dan Kepribadian
Musik diyakini dapat meningkatkan motivasi seseorang. Motivasi adalah hal yang hanya bisa dilahirkan dengan perasaan dan suasana hati tertentu.

Sebagai bagian dari kesenian yang merupakan salah satu dari tujuh unsur kebudayaan universal, musik memiliki fungsi sosial yamg secara universal umumnya dapat ditemukan di setiap kebudayaan suku bangsa manapun di seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment

Design by aple